'/> Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Tajuk Rencana -->

Info Populer 2022

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Tajuk Rencana

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Tajuk Rencana
Pembahasan Un Bahasa Indonesia Wacana Tajuk Rencana
.com - Tajuk Rencana. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia perihal tajuk planning untuk tingkat menengah atas. Tajuk planning merupakan karya tulis semi ilmiah yang dibentuk oleh pemimpin redaksi atau editor terhadap gosip pokok yang dibahas dalam suatu surat kabar. Tajuk planning umumnya berupa goresan pena pendek diberisi opini dan biasanya dimuat di surat kabar. Tajuk planning ditujukan untuk memdiberikan pandangan kepada masyarakat terhadap suatu gosip yang tengah hangat diperbincangkan. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal perihal tajuk planning yang pernah keluar dalam ujian nasional bahasa Indonesia sebagai citra bagi anak didik untuk menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Masalah yang Dibahas dalam Tajuk Rencana

Bacalah teks diberikut ini dengan seksama!
Beberapa waktu yang kemudian banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan menelan korabn 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati sebuah surat kabar. Surat tersebut diberisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta tidak menyerupai kota metropolitan yang selama ini megah dalam sinetron.

Orang Jakarta menyampaikan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang menciptakan kerusakan yaitu orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan menciptakan villa dan hotel di Puncak.

Masalah yang diungkapkan dalam tajuk planning tersebut yaitu ....
A. Banjir melanda Jakarta sehingga menjadikan banyak kerugian
B. Jakarta selama ini terlihat megah dalam sinetron
C. Banjir yang melanda Jakarta yaitu kiriman dari Bogor
D. Masyarakat Jakartlah yang menciptakan kerusakan
E. Orang Jakarta menggusur petani dan menciptakan vila di Puncak.

Pembahasan :
Sama menyerupai paragraf atau karangan pada umumnya, di dalam sebuah tajuk planning juga terdapat sebuah gagasan utama yang menjadi pokok pembahasan. Umumnya, pokok pembahasan dalam sebuah tajuk planning yaitu suatu perkara yang tengah hangat diperbincangkan. Pokok pembahasan itu sanggup disimpulkan menurut isi tajuk planning secara keseluruhan atau dengan melihat kalimat yang merupakan kalimat utama dalam tajuk tersebut.

 Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia perihal tajuk planning untuk  PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG TAJUK RENCANA

Tajuk planning di atas membahas mengenai banjir yang melanda Jakarta beberapa waktu yang lalu. Penulis tajuk memaparkan bagaimana kondisi dan jawaban yang ditimbulkan oleh banjir tersebut serta mengulas beberapa argumen terkait penyebab banjir. Jadi, perkara yang diungkapkan dalam tajuk planning tersebut yaitu banjir melanda Jakarta sehingga menjadikan banyak kerugian.
Jawaban : A

Soal 2 : Menentukan Keberpihakan Penulis pada Tajuk Rencana

Bacalah kutipan tajuk planning diberikut ini dengan seksama!
Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memdiberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan hukum pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan-jalan utama menyerupai jalan Thamrin dan jalan Sudirman, pada jam-jam tertentu.

Untuk uji coba, Pemprov menentukan jalan yang sejajar dengan jalur koridor I busway (Blok M-Kota). Selain sanggup mengurangi kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu dibutuhkan sanggup mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Hal itu juga dibutuhkan bisa mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor.

Namun, kita juga mengingatkan semoga aneka macam kudang keringjakan yang akan diterapkan mesti dikaji ludang keringh cermat dan mendalam semoga tidak menjadikan ekses-ekses yang justru sanggup membuka perkara baru.

Keberpihakan penulis tajuk pada kutipan di atas yaitu ....
A. Pemerintah pusat
B. Pemprov DKI
C. Pejalan kaki
D. Pengendara motor
E. Pengguna busway

Pembahasan :
Keberpihakan penulis merupakan kecenderungan penulis untuk memdiberikan dukungan pada pihak mana yang diungkapkan dalam sebuah tajuk rencana. Keberpihakan penulis dalam sebuah tajuk planning umumnya tergambar dari beberapa kalimat yang ada dalam tajuk tersebut, dan biasanya itu bekerjasama dengan topik yang dibahas. Dari kalimat ataupun argumen yang dipakai penulis maka sanggup dilihat kemana penulis tersebut ludang keringh berpihak.

Kutipan tajuk planning di atas membahas mengenai upaya Pemprov DKI dalam mengurangi kemacetan di ibu kota. Pada kalimat pertama, penulis menyampaikan bahwa "Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memdiberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan". Kalimat tersebut menawarkan adanya dukungan atau kecenderungan penulis berpihak pada pemprov DKI.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Pihak yang Tuju dalam Tajuk Rencana

Bacalah teks diberikut dengan seksama!
Badan Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh lantaran itu, pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program Presiden dalam masa jabatan keduanya yaitu memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri yaitu menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia mempunyai ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memdiberikan lapangan kerja di desa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri pengolahan.

Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk planning di atas yaitu ....
A. Perusahaan
B. Pengimpor
C. Pemerintah
D. Masyarakat
E. Pedagang

Pembahasan :
Untuk menentukan pihak yang dituju oleh redaksi dalam sebuah tajuk rencana, maka perlu diperhatikan apa isi atau pokok bahasan yang dibicarakan. Pada tajuk planning di atas, yang menjadi pokok bahasan yaitu aktivitas Presiden untuk memastikan adanya cadangan beras melalui produksi dalam negeri sebagai langkah menjaga harga pangan tetap stabil.

Salah satu kunci dalam menentukan pihak yang dituju antaralain pihak yang dituju sering menjadi pokok pembicaraan atau pembahasan. Pada tajuk planning di atas, pihak yang paling sering dibahas yaitu pemerintah dan Presiden. Jadi, secara umum, pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk planning di atas yaitu pemerintah.
Jawaban : C

Soal 4 : Menentukan Isi Tajuk Rencana

Bacalah teks diberikut ini dengan seksama!
Sejak pertama kali tragedi alam gempa bumi dan tsunami melanda Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara, 26 Desember 2004, kita lihat besarnya kepedulian masyarakat. Tanpa ada yang mengomando, masyarakat berbondong-bondong memdiberikan bantuan, baik dalam bentuk uang, barang, dan juga tenaga.

Lalu apa yang harus dilakukan pemimpin nasional melihat keadaan yang begitu baik ini? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepantasnya tampil memberikan sebuah pidato nasional yang minta dipancarkan oleh seluruh stasiun televisi dan radio untuk mengucapkan terimakasih kepada seluruh bangsa ini.

Kita tidak hanya harus berterimakasih kepada bangsa absurd yang memdiberikan bantuan, tetapi juga kepada bangsa sendiri. Sejak 26 Desember lalu, seluruh rakyat telah menunjukkan solidaritas yang sangat luar biasa.

Setelah tiga ahad ludang keringh hal itu berlangsung kita belum mendengar apresiasi pimpinan Negara kepada bangsa ini. Padahal, sekali lagi mereka pantas melaksanakan itu, lantaran secara pribadi mereka menawarkan bahwa kita masih berada dalam satu keluarga besar, bangsa Indonesia.
(Tajuk rencana, kompas 20 Januari 2005).

Isi dari tajuk planning di atas yaitu ....
A. Penulis merasa gembira terhadap bangsa Indonesia yang telah membantu korban gempa bumi dan tsunami tanpa dikomandoi.
B. Bangsa Indonesia telah membantu korban gempa bumi dan tsunai Aceh dan Sumatera Utara tanggal 26 Desember 2004 degan semangat sukarela.
C. Penulis mengharapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan terimakasih kepada Bangsa Indonesia yang telah membantu korban tsunami.
D. Presiden telah mengucapkan terimakasih kepada bangsa Indonesia yang telah membantu korban gempa bumi dan tsunami 26 Desember 2004.
E. Bangsa Indonesia harus mengambil nasihat dari tragedi alam gempa dan tsunami yang melanda Aceh dan Sumatera Utara.

Pembahasan :
Jika dibaca selacar keseluruhan, maka isi dari tajuk planning di atas yaitu asa penulis semoga sekiranya presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi perilaku bangsa Indonesia dan berterimakasih lantaran bangsa Indonesia secara sukarela membantu korban gempa bumi dan tsunami tanpa harus dikomandoi. Pada paragraf terakhir tersirat kekecewaan penulis lantaran apresiasi dari pemerintah kepada bangsa sendiri belum ditunjukkan.
Jawaban : C

Soal 5 : Menentukan Kesimpulan Tajuk Rencana

Bacalah teks diberikut ini dengan seksama!
Memang tidak dipungkiri honor PNS sangatlah rendah. Inilah yang menciptakan pemerintah susah untuk memacu produkstivitasnya. Sebaliknya untuk menaikkan secara signifikan honor PNS, anggaran yang dibutuhkan sangat besar lantaran jumlahnya yang mencapai 3,6 juta. Untuk memdiberikan honor ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana Rp 7,6 triliyun.

Jawaban untuk keluar dari perkara ini tidak sanggup lain kecuali melaksanakan reformasi birokrasi, terutama rasionalisasi jumlah PNS lantaran jumlah PNS yang ada terlalu besar dibandingkan yang dibutuhkan.

Dengan adanya rasionalisasi, pemerntah niscaya akan mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sistem gaji. Bukan hanya itu, pemerintah ludang keringh mungkin untuk menerapkan sistem reward and punishment.

Simpulan isi pecahan tajuk planning di atas yaitu ....
A. Agar sanggup menaikkan honor PNS secara signifikan, pemerintah perlu melaksanakan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS.
B. Pemerintah menerima kesusahan untuk menaikkan honor PNS lantaran jumlahnya terlalu banyak.
C. Untuk memdiberikan honor ke-13 saja pemerintah memerlukan dana hingga 7,6 triliyun.
D. Dengan rasionalisasi jumlah PNS pemerintah akan bisa memperbaiki sistem honor PNS.
E. Pemerintah seharusnya sanggup menerapkan sistem reward and punishment terhadap PNS.

Pembahasan :
Tajuk planning di atas mengangkat gosip mengenai rendahnya honor PNS. Salah satu penyebabnya yaitu lantaran jumlah PNS sangat banyak meludang keringhi jumlah yang dibutuhkan. Dalam tajuk tersebut, kemudian penulis memdiberikan suatu proposal berupa reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS. Jadi, kesimpulan dari tajuk planning di atas yaitu pemerintah perlu melaksanakan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS semoga sanggup menaikkan honor PNS secara signifikan.
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal ujian nasional bahasa Indonesia perihal tajuk rencana. Untuk pembahasan soal serupa anda sanggup melihat pada sajian ujian nasional atau sajian Bahasa Indonesia. Jika pembahasan soal ujian nasional ini berkhasiat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.
Advertisement

Iklan Sidebar