'/> Pembahasan Un Bahasa Indonesia Makna Kata Dan Istilah -->

Info Populer 2022

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Makna Kata Dan Istilah

Pembahasan Un Bahasa Indonesia Makna Kata Dan Istilah
Pembahasan Un Bahasa Indonesia Makna Kata Dan Istilah
.com - Makna Kata dan Istilah. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia ihwal pengertian dan klarifikasi kata dan istilah untuk tingkat menengah atas. Selain mempelajari mengenai tata kalimat, dalam bahasa Indonesia juga dipelajari tata pengertian dan penjelasan. Tata pengertian dan klarifikasi sendiri merupakan kajian khusus mengenai pengertian dan klarifikasi atau arti dari kata dan penggunaan kata dalam kalimat. Secara umum dikenal beberapa jenis pengertian dan klarifikasi kata menyerupai pengertian dan klarifikasi leksikal, pengertian dan klarifikasi gramatikal, pengertian dan klarifikasi denotasi, pengertian dan klarifikasi konotasi, dan sebagainya. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal ihwal pengertian dan klarifikasi kata dan istilah yang pernah keluar dalam ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Semoga sanggup memmemberikankan citra bagi pelajar dan siswa untuk mempersiapkan diri.

Soal 1 : Menentukan Makna Lugas

Cermatilah penggunaan kata dalam kalimat karya tulis memberikankut ini!
Penulis tergelitik hatinya untuk melaksanakan penelitian iklim organisasi di sekolah memberikankut.
Makna lugas untuk menganti kelompok kata yang tercetak miring di atas yakni ...
A. Terkesan
B. Tertarik
C. Terpanggil
D. Terpaksa
E. Tersentuh

Pembahasan :
Secara garis besar, pengertian dan klarifikasi kata sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pengertian dan klarifikasi denotasi dan pengertian dan klarifikasi konotasi. Makna konotasi yakni pengertian dan klarifikasi lugas (pengertian dan klarifikasi sebenarnya). Makna ini bersifat apa adanya, dan hanya satu alternatif. Sedangkan pengertian dan klarifikasi konotasi yakni pengertian dan klarifikasi kiasan atau ungkapan idiomatis yang bersifat relatif terhadap konteksnya dan memerlukan aneka macam penafsiran.

 Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia ihwal pengertian dan klarifikasi kata dan istil PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA MAKNA KATA DAN ISTILAH

Kelompok kata yang tercetak miring pada paragraf di atas, yaitu "tergelitik hatinya" merupakan kata berpengertian dan klarifikasi konotasi atau bukan pengertian dan klarifikasi sebenarnya. Kata tersebut memperlihatkan bahwa penulis merasa tertarik untuk melaksanakan penelitian. Dengan demikian, pengertian dan klarifikasi lugas yang sempurna untuk menggantikan kelompok kata yang berpengertian dan klarifikasi kiasan tersebut yakni tertarik.
Jawaban : B

Soal 2 : Menentuan Makna Lambang Suatu Kata

Bacalah puisi memberikankut ini denga seksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil 
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi abang yang ditembak mati
siang tadi"

Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi tersebut yakni tanda ....
A. Bersedih
B. Berduka
C. Berdoa
D. Bermohon
E. Berharap

Pembahasan :
Makna lambang merupakan suatu pengertian dan klarifikasi yang dilambangkan atau digambarkan oleh suatu kata atau kelompok kata. Biasanya pengertian dan klarifikasi lambang tersebut merupakan tanda atau citra suasana yang diwakili oleh kata yang digunakan. Jika melihat isi dari puisi di atas secara keseluruhan, maka pengertian dan klarifikasi lambang "Pita Hitam" yakni sebagai tanda berduka.

Hal itu sebetulnya dijelaskan secara gamblang oleh baris memberikankutnya. Sebenarnya, selain menggambarkan suasana duka, puisi di atas juga menggambarkan kesedihan (sebab insiden maut tentu menjadikan kesedihan), hanya saja suasana yang ditekankan dalam puisi tersebut yakni suasana sedih dan ketiga anak tersebut merasa turut berduka atas suatu kematian.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Makna Istilah dalam Paragraf

Bacalah teks memberikankut ini dengan seksama!
(1) Spertinya banyak yang menaruh berharap tinggi kepada ganda adonan untuk mempersembahkan gelaj juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda adonan itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi tamat kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu terus menerus dan seringkali menciptakan kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk mematikan bola.

Makna istilah turnamen dalam paragraf di atas yakni ....
A. Pertandingan olahraga yang memakai bola
B. Festival ganda adonan beregu
C. Pertandingan antara regu laki-laki dan wanita
D. Pertandingan yang diiukuti beberapa regu
E. Lomba olahraga yang dilaksanakan beregu

Pembahasan :
Makna dari suatu kata intinya sanggup dilihat dari konteks kalimat dan korelasi pertalian antara bentuk dan acuannya. Pada paragraf di atas, dijelaskan bawha turnamen tersebut diikuti oleh beberapa regu dari aneka macam negara. Hal itu sesuai dengan kamus besar Bahasa Indonesia, yang mengartikan turnamen sebagai pertandingan yang diikuti oleh beberapa regu.
Jawaban : D

Soal 4 : Menentukan Makna Kata dalam Paragraf

Bacalah teks memberikankut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi reciptaan untuk mememperringan dan sepelekan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara sanggup memakai transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer bahtera untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan sanggup berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.

Makna kata domestik dalam paragraf tersebut yakni ....
A. Asli Indonesia
B. Pribumi
C. Dalam negeri
D. Luar negeri
E. Kenegaraan

Pembahasan :
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata domestik bekerjasama dengan atau mengenai permasalahan dalam negeri, mengenai (bersifat) rumah tangga, atau ihwal piaraan (binatang); jinak. Jika dilihat dari isi karangan tersebut, maka pengertian dan klarifikasi domestik yang paling sempurna yakni dalam negeri. Jadi, wisatawan domestik itu dimaksudkan yakni wisatawan yang berasal dari dalam negeri.
Jawaban : C

Soal 5 : Menentukan Makna Kata dalam Puisi

Bacalah puisi memberikankut dengan seksama!
Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang tiba membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu, miskin harta

Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai pengertian dan klarifikasi dan lambang ....
A. Masa tua
B. Waktu sore hari
C. Suasana senja
D. Perasaan manusia
E. Kehidupan manusia

Pembahasan :
Sesuai dengan judulnya, puisi di atas menggambarkan rasa penyesalan seseorang (penyair) dikarenakan telah menyia-nyiakan waktu atau masa mudanya. Pada baris kedua disebutkan "Hari mudaku sudah pergi" kemudian dilanjutkan dengan "Sekarang petang tiba membayang". Berdasarkan korelasi kedua baris tersebut, maka kata petang mempunyai pengertian dan klarifikasi masa tua.
Jawaban : A 

Soal 6 : Menentukan Arti Kata dalam Paragraf
Bacalah paragraf memberikankut ini dengan seksama!
(1) Badan Pertahanan Nasional menyatakan ada 73 juta hektar lahan terlantar. (2) Lahan jutaan hektar tersebut selayaknya tidak dibiarkan terlantar. (3) Undang-undang Agraria menyebutkan tiruana hak aats tanah mempunyai fungsi sosial. (4) Pemerintah dituntut mempunyai kudang kecepejakan dan strategi pertahanan nasional, membagi dengan terang peruntukan lahan pertanian, industri, pemukiman, dan hutan. (5) Hal itu akan menjamin kepastian aturan sehingga setiap orang sanggup bekerja dan berproduksi dengan tenang.

Arti kata seni administrasi pada paragraf di atas yakni ....
A. Musyawarah untuk melaksanakan kegiatan
B. Cara menempatkan personel dalam mengatur kegiatan
C. Rencana yang cermat mengenai aktivitas sesuai dengan tujuan
D. Perberat sebelahan untuk melaksanakan suatu tujuan
E. Usulan untuk menyusun sebuah aktivitas untuk mencapai tujuan.

Pembahasan : 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata seni administrasi mempunyai beberapa arti, yaitu : (1) Ilmu dan seni memakai tiruana sumber daya bangsa untuk melaksanakan kudang kecepejaksanaan tertentu dalam perang dan damai, (2) ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan, (3) Rencana yang cermat mengenai suatu aktivitas untuk mencapai target khusus, (4) Tempat yang baik berdasarkan sisasat perang.

Dari keempat arti yang dijabarkan di atas, arti kata seni administrasi yang paling sempurna untuk paragraf di atas yakni suatu cara yang cermat mengenai suatu aktivitas untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, seni administrasi itu disusun semoga aktivitas berjalan sesuai dengan tujuan.
Jawaban : C

Soal 7 : Menentukan Makna Lambang Dari Puisi
Bacalah puisi memberikankut ini dengan seksama!
Sinar
Di sudut hitam itu
Kulihat betapa tajam sinarmu
Menusuk hati dan jiwaku
Namun apa daya
Knorma dan watak kucoba menangkapnya
Sinar itu menghilang bagai ditelan badai
Hari ini pun meredup
Bagai malam ditinggalkan sang rembulan
Tak ada berharap
Tak ada sinar
Dan sinar itu tak akan kembali
(Karya Rian Ardiani)

Makna lambang kata sinar dalam puisi tersebut yakni ....
A. Cahaya terang
B. Tujuan hidup
C. Kecerahan hidup
D. Tantangan hidup
E. Ketengangan hidup

Pembahasan :
Jika dilihat secara keseluruhan, maka puisi di atas menggambarkan suatu kekecewaan seseorang lantaran apa yang diperlukan tidak tercapai. Hal itu tergmbar terang pada baris "Namun apa daya" yang memperlihatkan kekecewaan lantaran tidak sesuai dengan berharap. Sesuatu yang menjadi berharap itu yakni sinar yang tajam. Tentu saja kata sinar tidak berpengertian dan klarifikasi cahaya terang alasannya kata itu hanyalah kiasan.

Jika dilihat berdasarkan isinya, maka kata sinar dalam puisi itu melambangkan tujuan hidup. Tujuan di sini bisa saja berkenaan dengan suatu berharap, cita-cita, atau ambisi seseorang (penyair) yang berusaha untuk dicapai namun pada kenyataannya berharap atau ambisi tersebut tidak kesampaian.
Jawaban : B

Soal 8 : Memilih Istilah yang Tepat
Cermatilah paragraf memberikankut ini!
Kita harus berhati-hati menjaga sebuah asuransi. Kalau perusahaan asuransi tidak bisa menepati janjinya akan menjadi prosedur jelek bagi perusahaan sendiri. Sementara, petugas asuransi dikonfrontasi melalui telepon tidak metpendapatnya, bahkan dihubungi via pesan singkat tidak membalas. Hal itu menciptakan masyarakat semakin antisipasi terhadap perusahaan asuransi.

Istilah yang sempurna untuk memperbaiki paragraf tersebut yakni ....
A. Citra, dikonfirmasi, aktivasi
B. Prestasi, dihubungi, aktivatif
C. Presiden, dihubungi, anti-pati
D. Preseden, dikonfirmasi, antipati
E. Citra, dihubungi, anti pati

Pembahasan :
Istilah yang sempurna untuk memperbaiki paragraf di atas yakni preseden, dikonfirmasi, dan antipati. Preseden merupakan istilah untuk menyatakan hal yang telah terjadi ludang kecepeh berlalu dan silam dan sanggup digunakan sebagai contoh, konfirmasi artinya penegasa, penjelasan, atau menginformasikan, sedangkan antipati merupakan penolakan atau perasaan tidak suka yang besar lengan berkuasa terhadap sesuatu yang biasanya berkaitan dengan duduk masalah kepercayaan.
Jawaban : D

Demikianlah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia ihwal pengertian dan klarifikasi kata dan istilah. Jika pembahasan soal ujian nasional ini memberi manfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Advertisement

Iklan Sidebar