'/> Kumpulan Rumus Cepat Komposisi Fungsi Dilengkapi Contoh -->

Info Populer 2022

Kumpulan Rumus Cepat Komposisi Fungsi Dilengkapi Contoh

Kumpulan Rumus Cepat Komposisi Fungsi Dilengkapi Contoh
Kumpulan Rumus Cepat Komposisi Fungsi Dilengkapi Contoh
.com - Rumus Mudah wacana Fungsi Komposisi. Komposisi fungsi merupakan kombinasi antara dua fungsi atau ludang kecepeh. Kombinasi ini umumnya menghasilkan fungsi lain yang disebut sebagai fungsi komposisi. Fungsi komposisi juga sanggup dinyatakan sebagai fungsi lain tergantung pemisalan yang digunakan. Misalnya dua bauh fungsi f(x) dan g(x) dikombinasikan, maka komposisi fungsinya sanggup ditulis sebagai (f o g)(x) sedangkan fungsi komposisinya sanggup ditulis dengan h(x). Dalam hal ini berlaku h(x) = (f o g)(x) = f(g(x)). Pada komposisi fungsi, urutan fungsi yang diombinaskan sangat kuat lantaran evaluasi (f o g)(x) tidak sama dengan (g o f)(x). Pada kesemapatan ini, edutafsi akan membahas beberapa rumus mudah yang sanggup dipakai untuk menyelesaian beberapa model soal wacana komposisi fungsi.

A. Fungsi Komposisi Berbentuk Linear

Rumus mudah yang pertama sanggup dipakai untuk fungsi komposisi yang berbentuk linear, yaitu fungsi yang mengandung variabel tertentu dengan pangkat tertinggi satu contohnya h(x) = px + q. Fungsi komposisi yang berbentuk linear biasanya terbentuk dari kombinasi antara dua fungsi yang juga berbentuk linear yang salah satunya dinyatakan dengan ax + b.

Salah satu model soal yang sering muncul dan cukup tidak ringan dan sepele dikerjakan mengenai fungsi komposisi yaitu memilih salah satu fungsi kalau fungsi komposisi dan fungsi lainnya diketahui. Misalnya pada soal diketahui komposisi fungsi (f o g)(x) dan f(x), maka pelajar dan siswa diminta memilih fungsi g(x) atau sebaliknya, pada soal diketahui komposisi fungsi (f o g)(x) dan g(x), pelajar dan siswa diminta memilih fungsi f(x).

Secara umum, untuk memilih salah satu fungsi kalau fungsi komposisi dan fungsi lainnya diketahui sanggup dipakai konsep komposisi fungsi, yaitu dengan cara menguraikan operasi komposisi dua fungsi sehingga dihasilkan sebuah variabel berupa fungsi yang tidak diketahui kemudian persamaan yang terbentuk ditentukan bentuk sederhanannya.

Jika dimemberikankan sebuah fungsi bebentuk linear contohnya f(x) = ax + b dan diketahui komposisi fungsi (f o g)(x) = px + q, maka fungsi g(x) sanggup ditentukan dengan memakai rumus g(x) = (px + q - b)/a. Untuk ludang kecepeh jelasnya perhatikan pola di bawah ini.

Fungsi f(x) diketahui:
f(x) = ax + b

Komposisi fungsi diketahui:
(f o g)(x) = px + q

Fungsi g(x) yaitu :
g(x) = px + q − b
a

Contoh :
Jika diketahui f(x) = 3x + 4 dan (f o g)(x) = 6x - 2, maka tentukan fungsi g(x)!

Pembahasan :
Dik : a = 3, b = 4, p = 6, q = -2
Dit : g(x) = .... ?

Menggunakan cara biasa :
⇒ (f o g)(x) = 6x - 2
⇒ f(g(x)) = 6x - 2

Ganti x pada f(x) dengan g(x) :
⇒ 3(g(x)) + 4 = 6x - 2
⇒ 3 g(x) + 4 = 6x - 2
⇒ 3 g(x) = 6x - 2 - 4
⇒ 3 g(x) = 6x - 6
⇒ g(x) = (6x - 6)/3
⇒ g(x) = 2x - 2

Menggunakan cara mudah :
⇒ g(x) = (px + q - b)/a
⇒ g(x) = {6x + (-2) - 4}/3
⇒ g(x) = (6x - 6)/3
⇒ g(x) = 2x - 2

Jadi, fungsi g(x) yang dimemenuhi yaitu g(x) = 2x - 2. Sebenarnya memakai cara biasa juga sudah cukup sederhana hanya saja terkadang pelajar dan siswa merasa ketidak ringan dan sepelean untuk memilih proses komposisinya sehingga rumus mudah di atas bisa dijadikan alternatif dan memang ludang kecepeh menghemat waktu pengerjaan. 

B. Fungsi Komposisi Berbentuk Kuadrat

Rumus mudah memberikankutnya yaitu rumus untuk komposisi fungsi yang berbentuk fungsi kuadrat, yaitu fungsi yang derajat tertinggi variabelnya yaitu dua. Fungsi komposisi berbentuk kuadrat biasanya dibuat oleh kombinasi antara fungsi linear dan fungsi kuadrat. Model soalnya masih sama yaitu memilih salah satu fungsi kalau komposisi dan fungsi lainnya diketahui.

Jika sebuah fungsi berbentuk lienar, contohnya f(x) = ax + b dan komposisi fungsi itu dengan g(x) dinyatakan sebagai (f o g)(x) = px2 + qx + r, maka fungsi g(x) sanggup ditentukan dengan rumus g(x) = (px2 + qx + r - b)/a. Untuk ludang kecepeh jelasnya perhatikan pola soal di bawah ini.

Fungsi f(x) diketahui:
f(x) = ax + b

Komposisi fungsi diketahui:
(f o g)(x) = px2 + qx + r

Fungsi g(x) yaitu :
g(x) = px2 + qx + r − b
a

Contoh :
Jika diketahui komposisi fungsi (f o g)(x) = 2x2 - x + 3 dan f(x) = 4x - 1, maka tentukanlah fungsi g(x) yang memenuhi komposisi tersebut.

Pembahasan :
Dik : a = 4, b = -1, p = 2, q = -1, r = 3
Dit : g(x) = .... ?

Menggunakan cara biasa :
⇒ (f o g)(x) = 2x2 - x + 3
⇒ f(g(x)) = 2x2 - x + 3

Substitusi x pada f(x) menjadi g(x):
⇒ 4(g(x)) - 1 = 2x2 - x + 3
⇒ 4 g(x) - 1 = 2x2 - x + 3
⇒ 4 g(x) = 2x2 - x + 3 + 1
⇒ 4 g(x) = 2x2 - x + 4
⇒ g(x) = ¼ (2x2 - x + 4)
⇒ g(x) = ½x2 - ¼x + 1

Menggunakan rumus mudah :
⇒ g(x) = (px2 + qx + r - b)/a
⇒ g(x) = (2x2 + (-1)x + 3 - (-1))/4
⇒ g(x) = (2x2 - x + 4)/4
⇒ g(x) = ½x2 - ¼x + 1

Jadi, fungsi g(x) yang memenuhi komposisi tersebut yaitu g(x) = ½x2 - ¼x + 1. Perlu diingat bahwa rumus mudah ini hanya berlaku untuk model soal ibarat pola ini jadi tidak berlaku untuk model sebaliknya (Untuk soal memilih fungsi f(x) adakan dibahas pada poin C di bawah). Cara ini cukup memperringan dan sepele tapi kelemahannya harus kuat menghapal rumus.

C. Fungsi Komposisi dan Invers Fungsi

Rumus mudah memberikankutnya yaitu rumus yang berlaku untuk model soal yang melibatkan invers fungsi. Model soal yang dimaksud yaitu memilih fungsi f(x) kalau komposisi fungsi (f o g)(x) dan g(x) diketahui. Pada poin A dan B di atas model soalnya yaitu memilih fungsi g(x), kemudian bagaimana cara memilih fungsi f(x) kalau yang diketahui g(x) dan (f o g)(x)?

Jika pada soal diketahui sebuah fungsi berbentuk linear, yaitu g(x) dan komposisi fungsi (f o g)x = hx, maka fungsi f(x) sanggup ditentukan dengan rumus f(x) = h(g-1(x)).

Fungsi g(x) diketahui:
g(x) = ax + b

Komposisi fungsi diketahui:
(f o g)(x) = px + q

Fungsi f(x) yaitu :
f(x) = p{(x - b)/a} + q

Contoh :
Jika diketahui fungsi g(x) = x + 6 dan komposisi fungsi (f o g)(x) = 4 - 2x, maka tentukanlah fungsi f(x) yang memenuhi komposisi tersebut.

Pembahasan :
Dik : a = 1, b = 6, p = -2, q = 4
Dit : g(x) = .... ?

Menggunakan cara biasa :
⇒ (f o g)(x) = 4 - 2x
⇒ f(g(x)) = 4 - 2x
⇒ f(x + 6) = 4 - 2x

Jika dimisalkan x + 6 = y, maka x = y - 6, dan diperoleh :
⇒ f(y) = 4 - 2(y - 6)
⇒ f(y) = 4 - 2y + 12
⇒ f(y) = 16 - 2y

Kembalikan y menjadi x, maka diperoleh :
⇒ f(x) = 16 - 2x

Menggunakan cara mudah :
⇒ f(x) = p{(x - b)/a} + q
⇒ f(x) = -2{(x - 6)/1} + 4
⇒ f(x) = -2x + 12 + 4
⇒ f(x) = 16 - 2x

Jadi, fungsi f(x) yang memenuhi komposisi tersebut yaitu f(x) = 16 - 2x.

 Komposisi fungsi merupakan kombinasi antara dua fungsi atau ludang kecepeh KUMPULAN RUMUS CEPAT KOMPOSISI FUNGSI DILENGKAPI CONTOH

Demikianlah pembahasan singkat mengenai rumus mudah untuk bahan komposisi fungsi atau fungsi komposisi disertai dengan pola dan pembahasan. Jika kumpulan rumus ini memberi manfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Advertisement

Iklan Sidebar