'/> Skripsi Komputer - Sistem Warta Kontrol Stok -->

Info Populer 2022

Skripsi Komputer - Sistem Warta Kontrol Stok

Skripsi Komputer - Sistem Warta Kontrol Stok
Skripsi Komputer - Sistem Warta Kontrol Stok
Judul :
SISTEM INFORMASI KONTROL STOK

Review :


BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Pembelian dan penjualan merupakan acara yang mempengaruhi jumlah persediaan. Pembelian akan menambah jumlah persediaan, sedangkan penjualan akan menguranginya. Ketiga hal tersebut saling berkaitan dan merupakan inti acara perusahaan. Informasi yang dihasilkan akan membantu manajer dalam tetapkan jumlah persediaan yang akan dibeli, maupun jumlah yang tersedia untuk dijual, serta mengontrol dan mengawasi jumlah aset persediaan perusahaan.
PT Golden Betelnut ialah bentuk perjuangan perseroan terbatas yang bergerak di bidang ekspor materi rempah-rempah ibarat gambir, pinang, kopra, paring dan cengkeh. Saat ini, pencatatan atas transaksi pembelian dan penjualan perusahaan masih dilakukan secara manual dan sanggup dikatakan kurang memadai melihat kenyataan transaksi yang terjadi relatif besar jumlahnya, sehingga agak menyita waktu jikalau ingin menghasilkan laporan persediaan dalam waktu singkat. Saatnya perusahaan menerapkan sistem informasi pembelian, penjualan dan persediaan secara komputerisasi untuk mengatasi hal tersebut.
Berdasarkan uraian-uraian di atas, penulis tertarik melaksanakan penelitian dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persediaan Pada PT Golden Betelnut, Medan”.

1.2       Permasalahan dan Batasan Masalah
Adapun duduk kasus yang terdapat pada PT Golden Betelnut Medan ialah pencatatan transaksi pembelian dan penjualan dilakukan melalui Microsoft ExcelTM sehingga menyita waktu saat akan dilakukan pengecekan data kembali maupun pencarian data. Selain itu, pemrosesan laporan persediaan sering mengalami keterlambatan.
Dengan keterbatasan waktu dan supaya pembahasan tidak menyimpang dari tujuan, maka Penulis melaksanakan pembatasan duduk kasus sebagai berikut:


  1. Transaksi pembelian dan penjualan bersifat tunai.
  2. Persediaan yang dibahas memakai Metode Harga Rata-rata (Average Cost).
  3. Bahasa pemrograman yang dipakai ialah Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Office Access 2002 sebagai format databasenya dan Seagate Crystal Report untuk merancang laporannya.
  4. Informasi yang dihasilkan berupa laporan pembelian (per tanggal, per supplier, per produk), laporan penjualan (per tanggal, per customer, per produk) dan kartu stock.


1.3       Tujuan
Tujuan penelitian ialah merancang suatu sistem informasi pembelian, penjualan dan persediaan yang dibutuhkan sanggup mempermudah perusahaan dalam mengolah data dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan pembelian, penjualan dan persediaan.

1.4       Manfaat
Adapun manfaat yang sanggup diperoleh dari penelitian ini ialah rancangan sistem yang gres akan sanggup mengatasi duduk kasus efisiensi dan ketepatan penggunaan waktu dalam memproses laporan pembelian, penjualan dan persediaan pada           PT Golden Betelnut.



Downloads:
Advertisement

Iklan Sidebar